Tunggu Situasi, Voli Vita Solo Belum Gelar Latihan Lagi

tunggu-situasi-voli-vita-solo-belum-gelar-latihan-lagi
BERLATIH: Sejumlah atlet putri voli Solo berlatih bersama di GOR Vita kawasan Sumber, sebelum latihan itu kembali dihentikan beberapa waktu lalu, karena pandemi Covid-19.(suaramerdekasolo.com/Setyo Wiyono)

*Kondisi Fisik Atlet Rata-rata Menurun

SOLO,suaramerdekasolo.com. Sempat menggeliat, aktivitas latihan klub bola voli Vita Solo kini meredup lagi. Para atlet pemula, yunior dan senior klub amatir di Kota Bengawan tersebut kembali diminta berlatih mandiri, setelah angka kasus Covid-19 menunjukkan grafik meningkat pada beberapa pekan terakhir ini.

‘’Kami menunggu situasi pernyebaran Covid-19 agak mereda. Jadi belum memulai latihan bersama lagi di GOR Vita,’’ kata pengurus klub Vita, Agus Suyanto, Kamis (6/8).

Pria yang juga pelatih tim putri senior tersebut mengungkapkan, sebenarnya anak-anak didik klubnya sempat berlatih dalam tatanan baru atau new normal selama sekitar sebulan. Mereka bergiliran ditempa di GOR Vita kawasan Sumber, Solo. Namun ketika ada lonjakan kasus korona di Solo, maka sejak 13 Juli lalu latihan bersama dihentikan lagi. GOR ditutup dari aktivitas latihan.

‘’Sebenarnya waktu itu, semangat anak-anak untuk mengasah diri mulai mengapung lagi. Tapi tentu kami lebih mempertimbangkan keselamatan dan kesehatan mereka,’’ tambah Agus yang juga Wakil Ketua Bidang Pembinaan Prestasi pada Pengkot Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) Surakarta tersebut.

Menurun

Para atlet diminta kembali berlatih mandiri di rumah masing-masing. Konsentrasinya lebih tertuju pada penjagaan kondisi fisik individual. Menurut pelatih tim yunior putri, Marwoto, mereka juga tetap terus dipantau melalui pengiriman rekaman video saat berlatih.

‘’Kami tetap pantau latihan mereka di rumah. Tetapi tentu hasilnya tidak seoptimal jika latihan bersama. Kondisi fisik rata-rata menurun,’’ tutur Marwoto.

Atlet-atlet putri yunior tersebut sebagian diproyeksikan untuk menghadapi Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda), serta lainnya untuk kejurda atau kejurnas yunior, mewakili Solo. Hal sama juga diterapkan untuk para atlet putra yunior.

Sementara para atlet senior, terutama pemain putri, dikonsentrasikan untuk menghadapi Kejurnas Livoli Divisi Utama. Semestinya, tim putri Vita tahun ini promosi untuk bertarung di ajang Livoli Divisi Utama. Namun karena terjadi pandemi Covid-19, akhirnya seluruh kegiatan kejurnas bola voli ditiadakan.(Setyo Wiyono)

Editor: Budi Sarmun