Petembak Solo dan Papua Kembali Buru Poin di Seri II Kejuaraan Jateng Cup

petembak-solo-dan-papua-kembali-buru-poin-di-seri-II-kejuaraan-jateng-cup
IKUTI KEJUARAAN: Atlet pelatnas NPCI dan sejumlah atlet umum mengikuti kejuaraan menembak yang digelar secara virtual Kapolri Cup 2020 di venue olahraga menembak Grup 2 Kopassus Kandangmenjangan, Kartasura, beberapa waktu lalu.(suaramerdekasolo.com/Setyo Wiyono)

*Rangkaian Uji Coba Pelatnas NPCI Proyeksi Paralympic Tokyo

SOLO,suaramerdekasolo.com. Atlet-atlet pelatnas National Paralympic Committee Indonesia (NPCI) akan kembali turut bersaing pada Kejuaraan Terbuka Jateng Cup 2020 Seri II yang digelar Minggu (16/8). Petembak Solo Hanik Puji Astuti dan atlet NPCI Papua Ahmad Ridwan bersiap memburu poin tertinggi pada lomba virtual yang digelar Pengprov Persatuan Menembak Nasional (Perbakin) Jateng tersebut.

Seperti hari-hari sebelumnya, keduanya tetap berlatih rutin di venue olahraga menembak kompleks Grup 2 Kopassus Kandangmenjangan, Kartasura. Venue itu pula yang akan digunakan sebagai arena lomba virtual bagi keduanya, serta sejumlah atlet menembak umum dari Solo dan sekitarnya.

‘’Progres performa Hanik tetap terjaga. Latihan hariannya, rata-rata skor 598 poin. Performa Ridwan juga menunjukkan peningkatan,’’ kata pelatih pelatnas menembak NPCI, Saridi, Jumat (14/8).

Hanik dan Ridwan termasuk dalam klasifikasi disabilitas SH1. Mereka merupakan awak pelatnas proyeksi Paralympic Games di Tokyo yang pelaksanaannya ditunda 2021 akibat pandemi Covid-19. Kejuaraan terbuka tersebut dimanfaatkan sebagai ajang uji coba dan meningkatkan mental bersaing.

Terus Dipantau

Ada dua atlet lain dalam tim pelatnas itu, yakni Bolo Triyanto dan Ratmini dari Sragen. Tapi karena kelas disabilitas SH2, menurut Saridi, tidak terakomodasi dalam kejuaraan terbuka virtual tersebut. Kedua tetap berlatih rutin dalam program pelatnas mandiri jarak jauh di rumahnya, kawasan Plupuh.

‘’Seluruh atlet, pelaksanaan program-program latihannya terus kami pantau, termasuk Bolo dan Ratmini,’’ ujar sang pelatih yang juga anggota Grup 2 Kopassus Kandangmenjangan tersebut.

Pada kejuaraan Jateng Seri I yang diselenggarakan 21 Juni lalu, Hanik mencatatkan skor 594 poin nomor air rifle dan Ridwan 550 poin pada nomor air pistol. Skor itu sekaligus membawa Hanik menempati juara kedua. Sementara pada Kejurnas Terbuka Kapolri Cup 2020 yang diselenggarakan 23-26 Juli silam, Hanik berada di peringat empat dengan 590 poin, serta skor Ridwan naik menjadi 555 poin.

‘’Mudah-mudahan pada Seri II Jateng Cup, skor keduanya bisa naik. Pengalaman mengikuti dua lomba virtual sebelumnya, bisa membuat keduanya tampil lebih tenang dan percaya diri,’’ tandas Saridi.(Setyo Wiyono)

Editor: Budi Sarmun