Bidikan 593 Poin Bawa Hanik Juarai Jateng Cup Seri II

bidikan-593-poin-bawa-hanik-juarai-jateng-cup-seri-II
BERSIAP: Petembak pelatnas NPCI Hanik Puji Astuti bersiap melakukan bidikan di venue olahraga Grup 2 Kopassus Kandangmenjangan Kartasura, pada kejuaraan terbuka menembak Jateng Cup, Minggu (16/8).(suaramerdekasolo.com/Setyo Wiyono)

*Kejuaraan Menembak Jateng Cup Seri Kedua

SOLO, suaramerdekasolo.com. Prestasi gemilang dicatatkan atlet pelatnas National Paralympic Committee Indonesia (NPCI) dari Solo, Hanik Puji Astuti pada Seri Kedua Kejuaraan Terbuka Menembak Jateng Cup 2020, Minggu (16/8). Atlet yang bernaung di bawah NPCI Jateng tersebut menjadi kampiun.

Kejituannya membidik sasaran dengan skor akumulatif 593 poin, membawa Hanik menjuarai nomor 10 meter air rifle putri pada lomba virtual yang digelar Pengprov Persatuan Menembak Indonesia (Perbakin Jateng) itu. Nilai yang dikemasnya hanya kurang tujuh poin dari skor sempurna di ajang tersebut, yakni 600 poin. Juara kedua nomor itu ditempati Swasti Kardin, atlet DKI Jakarta dengan skor 585 poin, disusul Mutiara Rimbayani Putri (PSC Jabar, 577 poin) di tempat ketiga.

‘’Alhamdulillah Hanik bisa meraih juara pertama, meski sebenarnya dia sedang terserang batuk. Jadi catatan prestasinya meningkat dibanding seri pertama Jateng Cup, yang waktu itu dia menempati peringkat kedua,’’ kata pelatih pelatnas menembak NPCI Saridi, Senin (17/8).

Uji Coba

Dua atlet pelatnas shooting para sport diturunkan pada kejuaraan terbuka secara virtual tersebut. Selain Hanik, petembak lain pelatnas yang turun adalah Ahmad Ridwan yang bernaung di bawah NPCI Papua.

Keduanya memanfaatkan lomba itu sebagai ajang uji coba dalam rangkaian perburuan poin menuju Paralympic Tokyo 2021. Bersama dengan 18 atlet umum menembak, dua petembak NPCI Jateng yang masuk klasifikasi disabilitas SH1 itu bersaing di venue olahraga menembak kompleks Grup 2 Kopassus Kandangmenjangan, Kartasura.

‘’Ridwan performanya menurun. Dia hanya mengemas skor 537 poin, sehingga berada di urutan 23 nomor air pistol putra. Pada seri pertama Jateng Cup, dia mengakumulasi nilai 555 poin,’’ tutur Saridi yang juga anggota Grup 2 Kopassus berpangkat Sersan Kepala itu.

Dia mengungkapkan, persaingan pada kejuaraan terbuka secara daring itu cukup ketat. Secara total tercatat ada 412 atlet yang turut beradu jitu dalam ajang tersebut. ‘’Di antara peserta terdapat 12 orang atlet dari India dan 24 orang dari Thailand. Jadi persaingannya memang sangat ketat,’’ ujar Saridi.(Setyo Wiyono)

Editor: Budi Sarmun