Evaluasi Performa, Pelatda Anggar Latihan Bersama di Ungaran

evaluasi-performa-pelatda-anggar-latihan-di-ungaran
BERLATIH: Sejumlah atlet anggar pelatda Jateng dan atlet Solo berlatih bersama di kawasan Plelen RT 1 RW 12 Kadipiro, Banjarsari.(suaramerdekasolo.com/Setyo Wiyono)

*Bertekad Buru Kembali Emas pada PON Papua

SOLO,suaramerdekasolo.com. Lima belas fencer atau atlet anggar pelatda Jateng mengikuti latihan bersama, Sabtu (22/8). Mereka yang berasal dari berbagai daerah tersebut mengasah diri bersama dan menjalani kompetisi internal di rumah Ketua Pengprov Ikatan Anggar Seluruh Indonesia (Ikasi) Jateng, Bayu Koeshendra Setiawan, di daerah Ungaran.

‘’Total 15 atlet pelatda proyeksi PON Papua 2021 yang mengikuti latihan bersama. Latihan bersama itu sekaligus menjadi ajang evaluasi performa mereka, selama berlatih mandiri di daerah masing-masing selama masa pandemi Covid-19,’’ ungkap pelatih pelatda anggar Jateng, Hendra Faradilah, Minggu (23/8).

Pria yang juga Kabid Pembinaan Prestasi (Binpres) Pengkot Ikasi Surakarta itu memerinci, para fencer Jateng tersebut berbagi atas sepuluh atlet putra dan lima putri. Berdasarkan asal daerah, Solo tercatat sebagai penyumbang atlet terbanyak yakni delapan orang. Selain itu terdapat tiga atlet dari Kabupaten Semarang, dua atlet Kudus, serta masing-masing seorang atlet dari Batang dan Kendal.

Belum TC

Menurutnya, latihan bersama para awak tim anggar Jateng tersebut dilaksanakan secara rutin, dua kali sebulan. Mereka belum bisa menjalani training camp (TC) mengingat pandemi korona belum berlalu.

Kendati demikian, khusus atlet-atlet dari Solo tetap digembleng bersama minimal sekali sepekan. Sejak pandemi, mereka berlatih bersama sejumlah fencer Kota Bengawan di daerah Plelen, Kadipiro.

‘’Agar tidak terjadi penurunan performa yang tajam, untuk sementara latihan dialihkan ke rumah saya di daerah Plelen RT 1 RW 12 Kadipiro, Banjarsari,’’ tutur Hendra.

Dia menambahkan, tim anggar Jateng ditargetkan memetik sebanyak-banyaknya medali pada pesta olahraga terbesar empat tahunan di Papua mendatang. Target tersebut benar-benar memacu semangat para atlet dan pelatih guna mewujudkannya.

‘’Pada PON Jabar 2016, kami hanya meraih dua perak dan lima perunggu. Maka pada PON tahun depan, tim anggar Jateng targetkan kembali meraih medali emas seperti PON-PON sebelum 2016,’’ tandas Hendra.(Setyo Wiyono)

Editor: Budi Sarmun