Pemain Vita Ikuti Tarkam untuk Asah Diri Hadapi Proliga

pemain-vita-ikuti-tarkam-untuk-asah-diri-menuju-proliga
BLOK BOLA: Pebola voli Vita Solo, Ersandrina Devega ‘’Chaca’’ Salsabila (tengah) dan Shindy Sasgia Dwi Yuniar mengeblok bola spike pada latihan di GOR kawasan Sumber, Banjarsari, Kamis (4/9) malam.(suaramerdekasolo.com/Setyo Wiyono)

*Chaca dan Shindy Siap Gabung ke Pertamina

SOLO,suaramerdekasolo.com. Latihan keras dilakukan spiker Ersandrina Devega ‘’Chaca’’ Salsabila dan quicker Shindy Sasgia Dwi Yuniar. Bersama para pebola voli lain klub Vita Solo, kedua atlet yang bakal memanaskan duel di ajang Proliga 2021 tersebut berlatih intensif di GOR kawasan Sumber, Banjarsari.

Dua pemain senior itu juga turut bergabung dengan teman-temannya untuk mengasah diri pada turnamen antarkampung (tarkam) guna tetap menjaga mental bertanding. Tentu tanpa meninggalkan protokol kesehatan.

‘’Ya, ikut tarkam menjadi salah satu rangkaian persiapan menuju Proliga, selain latihan intensif. Sebab, training camp(TC) tim Proliga baru dilakukan November mendatang,’’ kata Chaca, Jumat (4/9).

Dirinya dan Shindy direkrut tim Jakarta Pertamina Energi pada kejuaraan voli yang diklaim sebagai ajang paling bergengsi di Tanah Air tersebut. Mahasiswa Universitas Slamet Riyadi (Unisri ) Surakarta itu telah dua musim membela Pertamina, yakni pada 2016 dan 2019. Pada 2017, Chaca bergabung dengan Gresik Petrokimia.

Persiapan Khusus

Sementara itu Shindy mengawali debut di Proliga pada 2016 bergabung dengan Bekasi BVN, lalu pada 2019 berkostum Jakarta Electrik PLN. Pada 2017, quicker jangkung tersebut merapat ke Batam Sindo.

‘’Tentu saya ingin masuk jadi tim inti pada Proliga mendatang. Maka sejak jauh hari, kami berlatih keras di Vita, sebelum masuk TC tim Pertamina,’’ tambah Shindy.

Pelatih tim senior putri Vita Solo, Agus Suyanto menyebut fase latihan anak-anak didiknya saat ini tengah menapaki tahap persiapan khusus. Materi teknik dan strategi mulai lebih diasah, diimbangi peningkatan porsi mendongkrak kecepatan dan ledakan kekuatan fisik.

‘’Kalau ikut tarkam, yah itu bagian rangkaian untuk penerapan materi latihan selama ini, sekaligus guna tetap mengasah mental bertanding anak-anak,’’ ujar pria yang juga Wakil Ketua Bidang Pembinaan Prestasi Pengkot Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) Surakarta itu.

Para atlet putri Vita terbagi dua tim pada tarkam di Jaten, Karanganyar, pekan ini. Satu tim bernama Visum yang dikawal pelatih Marwoto, sedangkan tim lain diberi nama Josin yang dikawal duet Siwi Purno dan Budi ‘’Olga’’ M Romdhani Ardhiansyah.(Setyo Wiyono)

Editor: Budi Sarmun