Solo Adventum Siapkan Pemanjat untuk Musim Depan

solo-adventum-siapkan-pemanjat-untuk-musim-depan
ASAH DIRI: Dua pemanjat pemula Solo Adventum mengasah diri dalam latihan di papan panjat Mapala Arcapada Unisri Surakarta.(suaramerdekasolo.com/Setyo Wiyono)

*Proyeksi Menghadapi Persaingan Antarpelajar

SOLO,suaramerdekasolo.com. Klub panjat tebing Solo Adventum menyiapkan para pemanjat pemula untuk menghadapi kompetisi musim depan. Bibit-bibit atlet usia SD hingga SMA bakal ditempa agar lebih siap bersaing jika pandemi Covid-19 mereda, serta berbagai event digelar kembali pada 2021.

‘’Informasinya, panjat tebing akan digelar juga pada Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) Jateng 2021. Jadi kalau memang nanti dilombakan, mereka telah siap untuk bersaing. Mudah-mudahan situasi juga segera kondisif, sehingga lomba-lomba lain digelar lagi,’’ kata Ketua Klub Solo Adventum, Teddy Saba, Selasa (15/9).

Lebih dari dua puluh anak, kini kembali berlatih dalam klub yang berada di bawah naungan Pengkot Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Surakarta itu. Beberapa anak yang telah berusia 15 tahun ke atas, ditempa dalam latihan di papan panjat kompleks Stadion Manahan yang baru dua pekan dibuka kembali untuk umum akibat pandemi.

Sementara anak-anak lainnya diasah di wall climbing Mapala Arcapada Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta, dua kali sepekan. Tentu saja, selama latihan para pemanjat pemula tersebut tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Pemacu Semangat

Lima orang di antara mereka diturunkan untuk mengikuti seleksi daerah yang digelar Pengprov FPTI Jateng di kompleks Stadion Jatidiri Semarang, sepekan lalu (6/9). Mereka adalah Fathah Adi Arrazaq, Arfian Tegar Saputra, Hamdi Arya Keenan Wicaksono, serta Merry Arisyah Saputri dan Nanda Devi Saba.

Kelima atlet pemula Kota Bengawan tersebut terpental dari peringkat lima besar. Kendati demikian, selekda itu bisa menjadi ajang pemacu semangat untuk lebih meningkatkan kemampuan para pemanjat pelajar tersebut.

‘’Mental bersaing anak-anak bakal muncul dari ajang-ajang seperti itu. Semangat mereka juga bisa lebih terlecut untuk meningkatkan kemampuan guna menghadapi kejuaraan-kejuaraan berikutnya,’’ ujar Ketua Umum Pengkot FPTI Surakarta, Her Suprabu.(Setyo Wiyono)

Editor: BudiSarmun