Kejuaraan Virtual, Tim Silat UNS Kawinkan Gelar Juara Seni Tunggal

kejuaraan-virtual-tim-uns-kawinkan-gelar-juara-seni-tunggal
KEJUARAAN VIRTUAL: Penampilan video seorang peserta tunggal putri Kejuaraan Virtual Pencak Silat Antarperguruan Tinggi ditampilkan secara online, Minggu (20/9).(suaramerdekasolo.com/Setyo Wiyono)

*Persaingan Antarperguruan Tinggi di Tengah Pandemi Covid-19

SOLO,suaramerdekasolo.com. Tim pencak silat Universitas Sebelas Maret Surakarta mengawinkan gelar juara tunggal putra dan putri pada kejuaraan virtual antarperguruan tinggi khusus nomor seni, Minggu (20/9). Gelar tunggal putra digenggam Wahyu Nian Tri dari tim UNS B, sementara pesilat terbaik tunggal putri diraih Zidny Rahma Amaly dari tim UNS A.

Pada ajang yang digelar UKM Tapak Suci UNS tersebut, tim tuan rumah juga meraih juara harapan kedua tunggal putra dan harapan tiga tunggal putri. Selain itu juara dua dan tiga regu putra, serta juara tiga dan harapan dua regu putri.

‘’Hanya nomor seni tunggal dan beregu yang digelar. Ada 14 perguruan tinggi dari 11 provinsi yang mengikuti kejuaraan virtual ini. Total peserta 69 atlet,’’ kata pembina UKM Pencak Silat UNS, Rony Syaifullah, Senin (21/9).

Doktor ilmu keolahragaan itu mengungkapkan, dua gelar juara seni beregu menjadi milik Universitas Negeri Jakarta (UNJ) dan Universitas Garut. Trio juara regu putra UNJ adalah Amigos, Irfan Jeremy dan Andika Gilang. Sedangkan juara regu putri dari Universitas Garut yakni Siti Nur Aina, Siti Nusa’da dan Risma Nurhayati.

Video Penampilan

Kejuaraan virtual yang dibuka Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UNS Prof Kuncoro Diharjo tersebut, menjadi salah satu inovasi untuk tetap menggairahkan pencak silat pada masa pandemi Covid-19. Ajang tersebut ditutup Dekan Fakultas Keolahragaan (FKor) Sapta Kunta Purnama.

Menurut Rony, para peserta diminta mengirim rekaman video penampilan keterampilan jurus-jurusnya selama masa pendaftaran pada Agustus hingga pertengahan September. Saat penilaian yang dilakuan sejumlah juri yang menerapkan protokol ketat kesehatan di aula Pasca Sarjana UNS, Minggu (20/9), seluruh video penampilan peserta ditayangkan melalui saluran Youtube.

‘’Harapannya, semangat para pesilat untuk meningkatkan kemampuan diri demi mengejar prestasi tetap terjaga, di tengah pandemi Covid-19 yang hingga kini terus melanda,’’ ujar dia.(Setyo Wiyono)

Editor: Budi Sarmun