Vita Perketat Kerapatan Blok dan Asah Kecermatan Membaca Gelagat Lawan

vita-perketat-kerapatan-blok-dan-asah-kecermatan-membaca-gelagat-lawan
GAMES: Sejumlah pebola voli putri Solo menjalani games antarteman dalam latihan bersama klub Vita di GOR kawasan Sumber. (suaramerdekasolo.com/Setyo Wiyono)

*Solo Mulai Tempa Rancangan Tim Voli Porprov

SOLO,suaramerdekasolo.com. Tim bola voli Solo yang diproyeksikan untuk menghadapi Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jateng 2021 kini mulai dirancang. Kerangka tim itu diasah dalam latihan bersama klub amatir Vita Solo di GOR kawasan Sumber.

Tim putra ditempa secara rutin guna meningkatkan performa di bawah komando pelatih Sutrisno. Mereka biasa berlatih teknik dan strategi setiap Senin, Rabu dan Jumat malam, serta hari lainnya untuk peningkatan kemampuan fisik. Sementara tim putri yang diasuh pelatih Agus Suyanto dibantu Suparno dan Budi ‘’Olga’’ M Romdhani Ardhiansyah, menjalani latihan teknik, strategi dan games pada Selasa dan Kamis malam. Hari lain untuk penjagaan kekuatan dan daya tahan fisik.

‘’Persiapan jangka panjang ini dilakukan agar anak-anak benar-benar matang saat diturunkan dalam Porprov nanti. Tapi mengingat masih dalam situasi pandemi Covid-19, latihan tetap menggunakan protokol ketat kesehatan,’’ kata Agus yang juga Wakil Ketua Bidang Pembinaan Prestasi Pengkot Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) Surakarta, Selasa (22/9).

Ketajaman Spike

Menurut dia, para atlet tersebut saat ini memasuki fase latihan persiapan khusus pada rangkaian pentahapan menuju Porprov 2021. Pada tahapan tersebut, materi-materi latihan mengarah pada kemampuan teknik individual dan kerja sama tim, semakin difokuskan. Kendati demikian, porsi berlatih untuk meningkatkan strength dan endurance tetap diterapkan guna menambah kemampuan fisik.

‘’Kami juga mengasah anak-anak dalam latihan ketajaman spike dan kerapatan blok. Dalam kaitan ini, mereka harus lebih mampu membaca gelagat pergerakan lawan dan arah bola,’’ tutur Agus.

Tak hanya itu. Awak tim putri yang di dalamnya terdapat pemain Proliga, spiker Ersandrina Devega ‘’Caca’’ Salsabila dan quicker Shindy Sasgia Dwi Yuniar, sesekali juga turut turnamen antarkampung (tarkam) untuk mengasah kerja sama dan pola bermain.

‘’Namun saya lebih mengarahkan agar sekalian satu tim yang bermain, sehingga anak-anak sekaligus dapat menerapkan strategi dan kerja sama seperti yang selama ini mereka terapkan dalam latihan,’’ tandas Agus.(Setyo Wiyono)

Editor:Budi Sarmun