49 Insan Olahraga Disabilitas Terima Penghargaan Haornas 2020

49-insan-olahraga-disabilitas-terima-penghargaan-haornas-2020
ANGKAT BARBEL: Lifter National Paralympic Committee Indonesia dari Jateng, Rani Puji Astuti bersiap mengangkat barbel dalam latihan di Solo.(suaramerdekasolo.com/Setyo Wiyono)

*Termasuk Tujuh Atlet dari NPCI Jateng

SOLO,suaramerdekasolo.com. Empat puluh sembilan insan olahraga disabilitas di seputar National Paralympic Committee Indonesia (NPCI) menerima penghargaan Hari Olahraga Nasional (Haornas) 2020. Penghargaan diserahkan dalam acara terbatas di Solo, Jumat (18/9).

Mereka yang mendapatkan penghargaan dari Kemenpora itu terdiri atas 27 atlet dan 18 pelatih. Selain itu terdapat empat insan olahraga disabilitas lainnya. Mereka adalah mantan atlet tenis kursi roda Yasin Onasie, classifier disabilitas dokter Yanti, Chief de Mission Asian Para Games 2018 almarhum Arminsyah, serta petenis meja David Jacobs.

‘’Khusus David Jacobs, penghargaannya Satya Lencana Dharma Olahraga langsung dari Presiden Jokowi, karena dia merupakan atlet pertama yang meraih medali pada Paralympic Games 2012 di London,’’ kata Wakil Sekjen NPCI Rima Ferdianto di Kantor Pusat NPCI kawasan Jebres, Solo, Rabu (23/9).

Tambah Semangat

Ada empat atlet angkat berat termasuk lifter Siti Mahmudah dan Rani Puji Astuti, dua pembalap sepeda, lima atlet ten pin bowling termasuk atlet Jateng Rohayati. Lalu enam atlet tenis meja termasuk petenis meja Jateng Suwarti dan Ana Widyasari, serta sepuluh atlet atletik, dua di antaranya dari Jateng yakni Famini dan Rizal Bagus Saktyono.

‘’Alhamdulillah mendapat penghargaan di masa pandemi Covid-19. Penghargaan ini semakin menambah semangat saya untuk mengejar prestasi ke depan,’’ ujar petenis meja Suwarti.

Rima yang didampingi pengurus lain Heri ‘’Gogor‘’ Isranto mengungkapkan, penghargaan Haornas diberikan kepada seorang insan olahraga, sekali seumur hidup. Pada tahun ini, penghargaan yang diterima jajaran NPCI paling banyak dibanding tahun-tahun sebelumnya. Biasanya, hanya satu-dua orang yang menerima.

‘’Tahun lalu tak sampai 10 orang yang mendapatkan penghargaan Haornas. Karena itu, Ketua Umum NPCI Pak Senny Marbun menyampaikan apresiasi tinggi kepada Menpora Pak Zainudin Amali yang menyetarakan insan olahraga disabilitas dengan insan olahraga umum,’’ tutur Rima.(Setyo Wiyono)

Editor:Budi Sarmun