Voli Solo Segera Susun Tim Popda Jateng, Memungkinkan Campuran Atlet Pelajar SMA-SMP

voli-solo-segera-susun-tim-popda-jateng-memungkinkan-campuran-atlet-pelajar-smp-sma
SPIKE: Sejumlah atlet voli yunior putri Solo mengasah pukulan spike dalam latihan rutin di GOR kawasan Sumber, Banjarsari.(sms.com/wy)

SOLO,suaramerdekasolo.com. Pengkot Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) Surakarta segera menyusun tim guna menghadapi Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) Jateng 2021. Tim voli tersebut tidak lagi terpilah tingkat SD, SMP dan SMA, namun satu tim putra dan satu putri untuk mewakili kontingen Kota Bengawan.

‘’Kami akan mendiskusikan lebih detail dengan Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Surakarta. Tapi dimungkinkan ada campuran atlet pelajar SMA dan SMP dalam satu tim. Tentu diseleksi dulu, pemain yang terbaik,’’ kata Wakil Ketua Bidang Pembinaan Prestasi (Binpres) Pengkot PBVSI Surakarta, Agus Suyanto, Senin (26/10).

Pria yang juga guru SMAN 1 Surakarta itu mengungkapkan, sebenarnya materi untuk membentuk tim sudah ada. Yakni para pemain yang selama ini mengasah diri pada tim yunior dalam latihan bersama klub amatir Vita Solo. Sebagian besar pebola voli yang berlatih di kelompok yunior merupakan pelajar SMA, namun ada juga beberapa siswa SMP.

Pra-Popda

Agus menyebut, seleksi bakal diselenggarakan untuk membentuk tim Popda. Namun dia belum bisa memastikan, apakah seleksi digelar secara terbuka atau cukup penyaringan secara terbatas. Sebab, jajaran pelatih tentu sudah memiliki catatan performa setiap atlet yang ditanganinya hampir setiap hari.

‘’Atlet pelajar terbaik yang akan masuk tim. Tidak hanya bagus kemampuan individualnya, namun juga cara kerja samanya dalam tim, serta mental bertandingnya,’’ tutur Agus.

Sesuai petunjuk teknis (juknis) Popda Jateng 2021, cabang bola voli termasuk yang harus melewati kualifikasi atau Pra-Popda. Kualifikasi digelar bagi tim-tim kota/kabupaten di tingkat eks-karesidenan masing-masing. Beberapa cabang lain yang harus menjalaninya antara lain sepak bola, sepak takraw, bola basket, pencak silat, karate dan taekwondo.

‘’Berdasarkan pertemuan pemkab/pemkot se-eks Karesidenan Surakarta yang diwakili instanti keolahragaannya, sepekan lalu, pelaksanaan Pra-Porda dijadwalkan pada 22-27 Februari mendatang. Tapi kepastiannya menunggu kesiapan tuan rumah Sukoharjo,’’ ujar Kabid Olahraga Dispora Surakarta, Maretha Dinar Cahyono.(wy)

Editor: Sarmun