Pembalap Solo dan Boyolali Mengasah Diri di Bali

pembalap-solo-dan-boyolali-mengasah-diri-di-bali
MEMACU SEPEDA: Pembalap Solo Andriyan Hidayat memacu sepedanya dalam latihan bersama beberapa atlet lain di jalan raya daerah Karanganyar, beberapa waktu lalu.(sms.com/wy)

*Persiapan Hadapi Adu Kebut Tahun Depan

SOLO,suaramerdekasolo.com. Pebalap sepeda Solo, Andrian ‘’Dayat’’ Hidayat dan atlet Boyolali, Jeffry Irawan mengasah kemampuannya di Bali. Keduanya bersama tim yang merekrutnya, KGB Jakarta, bersiap menghadapi ajang adu kebut yang kemungkinan mulai digelar tahun depan, pada kenormalan baru pandemi Covid-19.

‘’Jefry lebih dulu berangkat, lalu Dayat menyusul ke Bali pada Minggu (22/11) lalu. Keduanya gabung dengan awak tim lain KGB di sana,’’ kata Kabid Pembinaan Prestasi (Binpres) Pengkot Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) Surakarta, Agus Sadiyanto, Kamis (26/11).

Pelatih balap sepeda senior Kota Bengawan tersebut mengungkapkan, dibatalkannya seluruh agenda lomba resmi sepanjang 2020 karena pandemi Covid-19, bisa memunculkan kejenuhan bagi para atlet. Mereka dituntut untuk tetap menjaga kemampuan, namun tidak ada arena yang dapat digunakan untuk mengukur prestasi dan performa diri.

‘’Tapi anak-anak tetap saya beri program latihan rutin guna mempertahankan performanya. Paling tidak, kondisi mereka tak merosot saat mulai dirancang lagi lomba-lomba resmi mendatang,’’ ujarnya.

Alumnus PPLOP Jateng

Sejumlah pembalap muda selalu masuk dalam pantauan pria yang juga pelatih Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar (PPLOP) Balap Sepeda Jateng itu. Selain Dayat, beberapa atlet muda lainnya seperti Shindu Ardiyanto dan Annisa Destein Cindy Qiawati.

Atlet-atlet tersebut mengikuti latihan bersama balap sepeda di Purworejo, akhir Oktober lalu. Kala itu, Cindy menempati posisi runner up nomor individual road race (IRR). Sedangkan Shindu finish di urutan delapan nomor cross country (XC) yunior.

‘’Karena tidak agenda lomba remi apalagi yang harus mewakili Solo, tak masalah Dayat berlatih bersama KGB di Bali. Apalagi Dayat dan Jefry sama-sama alumnus PPLOP Balap Sepeda Jateng, jadi biar jam terbang mereka makin tinggi,’’ ujar Agus.

Para pembalap Kota Bengawan itu terus dipantau dan ditempa, terutama untuk mempersiapkan diri memperkuat kontingen Solo dalam menghadapi Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jateng 2022.(wy)

Editor: Sarmun