Bersiap Hadapi Popda, Seleksi Atlet Pelajar Surakarta Bakal Digelar

bersiap-hadapi-popda-seleksi-atlet-pelajar-surakarta-bakal-digelar
BERLATIH: Beberapa pebola voli pelajar putri Solo berlatih di GOR voli kawasan Sumber, Banjarsari.(sms.com/wy)

SOLO,suaramerdekasolo.com. Pemkot Surakarta bersiap menghadapi Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) Jateng 2021. Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) setempat pun berkoordinasi dengan pengurus sejumlah cabang olahraga yang mengadakan seleksi atlet-atlet pelajar di Kota Bengawan untuk menghadapi multievet tersebut.

‘’Mekanisme seleksinya kami serahkan kepada masing-masing pengurus cabang. Tetapi kami selalu berkomunikasi dan berkoordinasi dengan mereka,’’ kata Kabid Olahraga Dispora Surakarta, Maretha Dinar Cahyono, Jumat (4/11).

Rencananya, tim Kota Bengawan turut bersaing pada 27 cabang dari total 28 cabang olahraga yang digelar pada Popda Jateng di Semarang, Maret 2021. Satu-satunya cabang yang tidak diikuti adalah sepak takraw.

Berdasarkan petunjuk teknis Popda, terdapat delapan cabang yang digelar melalui Pra-Popda. Bagi peserta kota/kabupaten di wilayah eks Karesidenan Surakarta, Pra-Popda akan diselenggarakan di Sukoharjo, akhir Pebruari mendatang. Yakni sepak bola, sepak takraw, bola voli, bola basket, bola tangan, karate, pencak silat dan taekwondo.

Tidak Semua

Maretha yang didampingi Kasi Pembinaan dan Pengawasan Olahraga, Nur Iskak Al Jufri menuturkan, tidak semua cabang mengadakan seleksi atlet pelajar secara terbuka. Semua bergantung pada kebutuhan dari masing-masing cabangnya.

Menurut Iskak, beberapa jadwal seleksi telah disusun. Di antaranya seleksi atlet bola voli putri yang akan diselenggarakan di GOR voli kawasan Sumber, Sabtu (5/12). Selain itu, seleksi senam di kampus Fakultas Keolahragaan (FKor) UNS pada 11 Desember, seleksi atlet pelajar sepatu roda di velodrome Manahan pada pertengahan Desember.

Selanjutnya, seleksi atlet taekwondo pada akhir Desember, serta renang di kolam renang Tirtomoyo Manahan pada 3 Januari.

‘’Seleksi atlet pelajar untuk tim bola voli putra, kami belum mendapatkan laporan jadwalnya. Kami akan cek juga jadwal dari cabang-cabang lainnya,’’ tutur Iskak.

Berbeda dengan periode-periode sebelumnya, Popda Jateng mendatang tidak digelar khusus berdasarkan level sekolah, yakni SD, SMP dan SMA. Tapi pada 2021 nanti, cabang-cabang olahraga digelar berdasarkan kekuatan pelajar gabungan berbagai level dari setiap kota/kabupaten.(wy)

Editor: Sarmun