Solo Jaring 18 Pebola Voli Putri Guna Menghadapi Popda Jateng

solo-jaring-18-pebola-voli-putri-guna-menghadapi-popda-jateng
LEPAS SPIKE: Seorang pebola voli pelajar putri melepaskan spike dalam seleksi tim Popda Surakarta di GOR kawasan Sumber, Sabtu (5/12).(sms.com/wy)

SOLO,suaramerdekasolo.com. Delapan belas pebola voli putri dijaring dalam seleksi tim Solo di GOR kawasan Sumber, Sabtu (5/12). Hasil itu merupakan pencermatan kemampuan dari 31 pelajar SMP dan SMA di lingkup Surakarta yang digelar guna menghadapi Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) Jateng 2021.

‘’Kami akan jaring 18 pemain terbaik, setelah didiskusikan dengan tim seleksi nanti. Mereka terdiri atas beberapa posisi dalam tim,’’ kata pelatih tim bola voli putri Popda Surakarta, Marwoto.

Secara lebih rinci, para atlet tersebut terdiri atas sembilan spiker, tiga setter, empat quicker dan dua libero. Selanjutnya, pekan depan mereka yang lolos akan dipanggil untuk memulai pemusatan latihan secara mandiri.

Menurut pensiunan pegawai Pertamina tersebut, delapan belas atlet pelajar putri yang lolos bakal digembleng secara intensif. ‘’Lalu, kira-kira pada awal Pebruari mendatang, jumlahnya akan kami susutkan menjadi tinggal 12 atlet tim ini. Sebab, waktu itu mendekati Pra-Popda di Sukoharjo,’’ jelas dia.

Teknik Individu

Tes teknik individual dan games diterapkan dalam proses seleksi tersebut. Guna mendapatkan hasil terbaik dan objektif, beberapa personel diminta bantuan untuk memberikan penilaian antara lain asisten pelatih tim PON Jateng Sutrisno, asisten pelatih tim senior putri klub Vita Solo Budi ‘’Olga’’ M Romdhani Ardhiansyah, serta pemain Proliga asal Vita Ersandrina Devega ‘’Caca’’ Salsabila.

‘’Waktu masih SMP dulu, saya juga pernah mengikuti seleksi seperti ini. Tapi sekarang justru giliran diminta membantu sebagai anggota tim seleksi,’’ tutur Caca.

Seleksi tersebut digelar pengurus cabang berkait atas koordinasi dengan Dinas Kepemudaan dan Olaharaga (Dispora) Surakarta. Kasi Pembinaan dan Pengawasan Olahraga Dispora Nur Iskak Al Jufri menyatakan belum mendapatkan jadwal pelaksanaan seleksi tim voli putra.

Bola voli merupakan satu dari delapan cabang yang harus melewati tahap Pra-Popda. Menurut Marwoto, ajang prakualifikasi untuk lingkup eks Karesidenan Surakarta diagendakan digelar pada 22 Februari mendatang di Sukoharjo.(wy)

Editor: Sarmun