Sabtu, Giliran Seleksi Pebola Voli Pelajar Putra untuk Popda Jateng

sabtu-giliran-seleksi-pebola-voli-pelajar-putra-untuk-popda-jateng
GAMES: Sejumlah pebola voli pelajar putra mengasah kemampuan dalam games di GOR kawasan Sumber, Solo.(sms.com/wy)

SOLO, suaramerdekasolo.com. Para pebola voli putri Solo telah menjalani seleksi untuk menjadi awak tim Surakarta dalam menghadapi Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) Jateng 2021, pekan lalu. Kini, giliran para atlet voli pelajar putra yang akan dijaring dalam seleksi serupa, Sabtu (12/12).

‘’Seleksi rencananya diselenggarakan di lapangan outdoor kompleks Stadion Manahan, Sabtu mulai sekitar pukul 07.00. Kami akan menjaring para pemain terbaik dari pelajar-pelajar tingkat SMP dan SMA di Solo,’’ kata pelatih tim voli putra Popda Surakarta, Chairul Pramanto, Kamis (10/12).

Dia menjelaskan, undangan terbuka telah disebar ke kalangan pelajar SMP dan SMA, termasuk para atlet-atlet Kelas Khusus Olahraga (KKO) SMPN 1 Surakarta dan KKO SMA. Sebab, Popda pada masa pandemi Covid-19 ini tidak memilahkan pertandingan sesuai level sekolah, seperti periode-periode sebelumnya.

‘’Jadi kami bakal cermati betul kemampuan individu masing-masing peserta seleksi, serta kemampuannya saat bermain dalam games,’’ jelas pria yang juga pelatih bola voli putra KKO SMPN 1 Surakarta itu.

12 Pemain

Chairul menjelaskan, 12 pemain terbaik akan dijaring dalam seleksi khusus para pelajar Kota Bengawan tersebut. Mereka selanjutnya digembleng secara lebih intensif pada hari-hari berikutnya untuk dapat memenangi pertarungan pada fase Pra-Popda eks Karesidenan Surakarta di Sukoharjo, 22 Pebruari mendatang.

‘’Dua belas pemain yang terbaik secara individu maupun dalam permainan tim, kemudian akan digembleng secara lebih intensif sebelum berduel di Pra-Popda. Mereka harus benar-benar tangguh, karena persaingan di eks Karesidenan Surakarta cukup ketat,’’ tutur Chairul.

Dia memetakan, rival paling berat pada tataran voli pelajar di lingkup Solo Raya, terutama tim asal Wonogiri dan Sragen. Pembinaan bola voli pelajar pada dua kabupaten tersebut selama ini cukup bagus.

‘’Meski demikian, kami tidak akan memandang sebelah mata terhadap tim-tim dari kabupaten lain,’’ ujarnya.(wy)

Editor: Sarmun