Persiapan Popda Jateng, Pemusatan Latihan Tim Voli Pelajar Solo Dimulai

persiapan-popda-jateng-pemusatan-latihan-tim-voli-pelajar-solo-dimulai
SMASH: Seorang pebola voli pelajar putri melakukan smash secara cepat pada seleksi tim putri di GOR kawasan Sumber, Solo.(sms.com/wy)

SOLO,suaramerdekasolo.com. Pemusatan latihan tim bola voli Solo yang disiapkan menghadapi Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) Jateng 2021, segera dimulai. Para pebola voli pelajar putri yang diracik pelatih Marwoto bakal memulai latihan bersama dalam satu tim, mulai Selasa (15/12) sore. Sementara skuad putra yang ditangani pelatih Chairul Pramanto dijadwalkan mulai latihan intensif pada Minggu (20/12).

‘’Susah mencari lapangan indoor. Maka pemusatan latihan anak-anak terpaksa dilakukan di lapangan outdoor daerah Josroyo dan Kartasura,’’ kata Marwoto, Senin (14/12).

Tercatat ada 18 atlet pemula putri yang lolos dalam seleksi pelajar SMP dan SMA, sekitar sepekan lalu. Mereka terinci atas sembilan spiker, tiga setter, empat quicker dan dua libero. Namun jumlah tersebut akan disusutkan lagi menjadi 12 atlet yang masuk dalam tim inti pada awal Pebruari mendatang.

‘’Jadi sepanjang pelatda nanti, kami akan melakukan pencatatan-pencatatan performa masing-masing atlet sebelum memutuskannya 12 atlet yang masuk sebagai awak tim inti. Maka anak-anak harus berlatih secara disiplin,’’ tandas Marwoto.

Outdoor Manahan

Hal senada disampaikan Chairul Pramanto. Menurut pria pelatih voli Kelas Khusus Olahraga (KKO) SMPN 1 Surakarta tersebut, tim putra yang baru saja lolos seleksi, dijadwalkan berlatih di lapangan voli outdoor kompleks Stadion Manahan, mulai Minggu (20/12).

‘’Saya rencanakan, pemusatan latihan setiap hari pagi dan sore di lapangan outdoor kompleks Manahan. Pelaksanaannya mulai Minggu (20/12) hingga pelaksanaan Pra-Popda di Sukoharjo, Februari, serta lanjut sampai Popda Jateng pada Maret 2021,’’ jelasnya.

Ada 15 pebola voli pelajar putra yang dijaring pada seleksi di lapangan outdoor Manahan, Sabtu (12/12). Mereka merupakan penggawa di berbagai posisi, yakni spiker, setter, quicker dan libero. Sebelumnya, seleksi tim putra tersebut diikuti 55 atlet pelajar dari tingkat SMA dan SMP.

‘’Jumlah 15 anak yang lolos itu juga bersifat sementara. Mendekati pertandingan nanti, bakal kami susutkan lagi,’’ ujar Chairul.(wy)

Editor:Sarmun