KKO Siapkan 13 Taekwondoin untuk Seleksi Tim Popda Surakarta

kko-siapkan-13-taekwondoin-untuk-seleksi-tim-popda-surakarta
TAEKWONDOIN KKO: Sejumlah taekwondoin Kelas Khusus Olaharaga SMP dan SMA berpose usai latihan di kawasan Kerten, Solo.(sms.com/wy)

SOLO,suaramerdekasolo.com. Tiga belas taekwondoin pelajar dari Kelas Khusus Olahraga (KKO) disiapkan untuk mengikuti seleksi tim Solo dalam menghadapi Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jateng 2021. Rinciannya, sembilan orang atlet merupakan pelajar KKO SMPN 1 Surakarta, serta empat lainnya dari SMAN 4 Surakarta.

‘’Jadi kami sudah melakukan penyaringan dari sisi internal KKO untuk turut seleksi di tingkat kota. Semua sudah disiapkan, tinggal menunggu informasi waktu dan tempat pelaksanaan seleksinya,’’ kata pelatih taekwondo KKO SMPN 1 Surakarta, Ali Shollikin, Rabu (16/12).

Dia mengungkapkan, mengingat ketentuan baru pada masa pandemi Covid-19 ini, maka Popda Jateng tidak diselenggarakan sesuai jenjang pendidikan, SD, SMP dan SMA, seperti periode-periode sebelumnya. Peraturannya hanya membatasi peserta maksimal kelahiran 2004, serta kelas yang dipertandingkan untuk putra berat badan minimal 51 kg, serta putri minimal 46 kg. Khusus pelajar SMA, atlet yang sudah duduk di bangku kelas tiga tidak diperbolehkan turun.

Sepuluh Kelas

Atas ketentuan tersebut, maka para atlet pelajar SMP dan SMA yang bisa memenuhi kriteria itu. Mereka pun harus bersaing dengan sesama rekannya atlet pelajar taekwondo agar dapat menjadi awak tim Kota Bengawan.

‘’Maka dari seluruh atlet taekwondo di KKO SMPN 1 yang jumlahnya 18 anak, ada sembilan yang akan ikut seleksi. Selain itu ada empat taekwondoin SMAN 4, yang sebelumnya alumnus KKO SMPN 1,’’ jelasnya.

Kasi Pembinaan dan Pengawasan Olahraga Dispora Surakarta, Nur Iskak Al Jufri menginformasikan, seleksi tim taekwondo untuk Popda direncanakan pada akhir Desember nanti. Sesuai petunjuk teknis Popda Jateng 2021, terdapat sepuluh kelas putra dan sepuluh kelas putri yang bakal digelar pada pesta olahraga pelajar se-Jateng yang akan digelar di Semarang, 7-10 April mendatang.

‘’Taekwondo juga harus melewati tahap Pra-Popda di lingkup eks Karesidenan Surakarta, yang bakal diselenggarakan di Sukoharjo, Februari mendatang,’’ jelas Iskak.(wy)

Editor: Sarmun