Tes Fisik Awali Seleksi Tim Pencak Silat Pelajar Surakarta

tes-fisik-awali-seleksi-tim-pencak-silat-pelajar-surakarta
ADU KEMAMPUAN: Dua pesilat pelajar beradu kemampuan pada kualifikasi Popda 2019 di lingkup eks-Karesidenan Surakarta yang digelar di lapangan tenis indoor kompleks Manahan, Solo.(sms.com/wy)

SOLO,suaramerdekasolo.com. Tes fisik bakal mengawali seleksi tim pencak silat Solo yang diproyeksikan untuk menghadapi Pekan Olaharaga Pelajar Daerah (Popda) Jateng 2021. Atlet-atlet silat pelajar SMP dan SMA peserta seleksi harus melewati tes fisik yang dijadwalkan diselenggarakan di kompleks Stadion Manahan.

‘’Berapa jumlah peserta seleksinya, belum kami rekap. Yang jelas, seluruh peserta akan menjalani tes fisik sebagai rangkaian awal seleksi di kompleks Manahan, Sabtu (19/12) pagi,’’ kata salah seorang koordinator seleksi tim pencak silat Popda Surakarta, Sapto Purnomo, Jumat (18/12).

Selanjutnya, mereka yang lolos dan mampu memenuhi standar minimal tes fisik, bakal diseleksi lagi kemampuannya, terutama untuk atlet yang turun di nomor seni tunggal. Seleksi nomor tunggal itu akan diselenggarakan di gedung Tapak Suci kawasan Sumber, pada Sabtu sore.

‘’Kami akan menjaring para pesilat pelajar yang kemampuannya paling baik. Sebab persaingan dalam ajang Pra-Popda yang diselenggarakan di Sukoharjo pada Februari nanti saja, diprediksi sudah cukup ketat,’’ tutur dia.

Terbatas

Seleksi untuk membentuk tim pencak silat pelajar Solo tersebut digelar secara terbatas. Menurut dia, secara umum peserta merupakan pelajar SMP dan SMA di lingkup Surakarta kelahiran maksimal 2003. Atas pertimbangan antisipasi pandemi Covid-19, ketentuan peserta tersebut dipersempit lagi, yakni juara pertama tingkat Kota Surakarta dan juara pertama hingga ketiga pada ajang tingkat eks Karesidenan Surakarta pada 2019.

‘’Khusus pesilat dari Kelas Khusus Olahraga (KKO) Surakarta, terdapat tujuh orang atlet yang akan mengikuti seleksi pembentukan tim Solo,’’ jelasnya.

Kasi Pembinaan dan Pengawasan Olahraga pada Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Surakarta Nur Iskak Al Jufri menambahkan, berdasarkan rapat koordinasi yang dilaksanakan pekan lalu, terdapat tiga orang yang diserahi tugas mengkoordinasikan seleksi tim pencak silat pelajar. Selain Sapto, dua lainnya adalah Aris M dan Dimas.

‘’Selanjutnya hasil seleksi, dijadwalkan dikirimkan ke Dispora pada Senin (21/12),’’ ujar Iskak mendampingi Kabid Olahraga Dispora, Maretha Dinar Cahyono.(wy)

Editor: Sarmun