Songsong Popda Jateng, Anggar Solo Siapkan 12 Fencer Pelajar

songsong-popda-jateng-anggar-solo-siapkan-12-fencer-pelajar
LATIHAN RUTIN: Sejumlah atlet anggar atau fencer Solo menjalani latihan rutin di kawasan Plelen, Kadipiro. Mereka juga disiapkan memperkuat tim Kota Surakarta menghadapi Popda Jateng 2021.(sms.com/wy)

SOLO,suaramerdekasolo.com. Dua belas atlet anggar atau fencer bakal disiapkan tim Kota Surakarta dalam menghadapi Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) Jateng 2021. Mereka merupakan para fencer yang kini menempuh studi di bangku SMP dan SMA dalam lingkup Solo.

‘’Enam atlet putra dan enam putri akan memperkuat tim anggar Solo pada Popda nanti. Mereka akan disaring melalui pantauan dan seleksi berjalan,’’ kata Kabid Pembinaan Prestasi (Binpres) Pengkot Ikatan Anggar Seluruh Indonesia (Ikasi) Surakarta Hendra Faradilah, Selasa (5/1).

Kuota tersebut belum terpenuhi. Lelaki yang juga menjadi pelatih tim anggar Popda Surakarta bersama Flodesa itu mengaku masih terus menggodok para atlet pelajar, sebelum menentukan siapa fencer pelajar terbaik yang akan diturunkannya. Kendati demikian, beberapa atlet pelajar tingkat SMP dan SMA yang dinilainya memiliki kemampuan menonjol, telah dia pastikan masuk sebagai awak tim.

‘’Baru tiga anak yang telah pasti masuk dalam tim Popda Solo. Lainnya masih terus dalam proses penilaian sebagai rangkaian seleksi terbatas,’’ tuturnya.

Latihan Rutin

Hendra mengungkapkan, ketiga fencer yang telah dipastikan tersebut, seluruhnya merupakan atlet putri. Mereka adalah Tasya Allisya Sukarno dari Kelas Khusus Olahraga (KKO) SMPN 1 Surakarta. Sementara dua lainnya kini duduk di bangku SMA 4 Surakarta, yakni Putri Faradilah dan Kusuma Jasmine Supraba.

‘’Putri dan Tasya disiapkan untuk bersaing pada jenis senjata floret, baik perorangan maupun beregu. Sedangkan Jasmine diplot untuk senjata degen, bisa perorangan atau beregu,’’ ujar pria yang juga pelatih tim pelatda anggar Jateng tersebut.

Ketiganya bersama sejumlah fencer muda lain Kota Bengawan, kini terus digembleng dalam latihan rutin di kawasan Plelen, Kadipiro. Selain itu, mereka juga sering berlatih bersama para atlet KKO di kompleks Stadion Manahan.

Anggar merupakan salah satu cabang yang digelar dalam Popda Jateng 2021, tanpa harus melewati tahapan Pra-Popda. Artinya, para fencer yang disiapkan kontingen Kota Surakarta tersebut tidak menjalani kualifikasi Popda lingkup Solo Raya, yang rencananya diselenggarakan di Sukoharjo pada Februari nanti. Namun mereka akan langsung bertarung di Semarang mendatang.(wy)

Editor: Sarmun