Latih Tanding, Tim Voli Putri Popda Lawan Sengit Seniornya

latih-tanding-tim-putri-voli-popda-lawan-sengit-seniornya
BLOK BOLA: Dua awak tim voli putri Popda Surakarta berusaha mengeblok bola spike yang dilepaskan tim seniornya pada laga latih tanding di GOR voli Sumber, Solo, Rabu (6/1) sore.(sms.com/wy)

SOLO, suaramerdekasolo.com. Tim voli putri remaja Solo yang diproyeksikan untuk menghadapi Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) Jateng 2021, menunjukkan perkembangan positif. Pada laga latih tanding di GOR voli kawasan Sumber, Rabu (6/1) sore, Viviola Agustina dkk memberi perlawanan sangat sengit terhadap skuad seniornya.

Bahkan tim yang berawak para pemain kelahiran maksimal 2003 tersebut akhirnya memenangi duel uji coba dalam tiga set tersebut. Selisih skornya rapat, 25-23, 22-25 dan 25-23. Meski memang skuad seniornya yang merupakan sebagian kerangka untuk Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jateng 2022, tidak komplet.

‘’Perkembangan tim putri Popda cukup signifikan. Anak-anak pelajar SMA dan SMP tersebut berani bermain lepas, meski tim seniornya juga tidak lengkap karena ada quicker yang absen,’’ kata Wakil Kabid Binpres Pengkot Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) Surakarta, Agus Suyanto.

Pada ajang sparring partner internal itu, tim putri pelajar yang juga para pemain klub amatir Vita Solo memang diminta bermain total. Pelatih tim putri Popda Surakarta Marwoto berkali-kali berteriak meminta awak skuadnya berani melepaskan spike keras, saat ada kesempatan.

Pertahanan

Pensiunan pegawai Pertamina tersebut juga menginstruksikan para pemain mudanya untuk cepat melakukan blok rapat, ketika menghadapi serangan. Pertahanan di sektor belakang juga terlihat cukup tangguh. Beberapa kali spike keras yang dilepaskan motor tim senior, Ersandrina Devega ‘’Caca’’ Salsabila serta menerobos blok, bisa diselamatkan para pemain di sektor belakang.

‘’Jika mental anak-anak mengapung, mereka bermain luar biasa. Berani bermain menekan, meski lawan lebih senior. Tetapi kalau sedang drop, masih sangat susah untuk mendongkrak mental mereka,’’ ujar Marwoto.

Tim voli pelajar tersebut bakal bertarung pada ajang Pra-Popda wilayah Solo Raya yang dijadwalkan berlangsung di Sukoharjo, Februari nanti. Jika lolos, Viviola dkk bakal menjalani duel sengit Popda Jateng di Semarang, Maret mendatang.

‘’Kami akan terus berusaha memantapkan mental bertanding anak-anak, mengingat Popda tinggal sekitar sebulan lagi,’’ tutur Marwoto.(wy)

Editor: Sarmun