Pembalap Solo dan Boyolali Tetap Jaga Fokus ke Porprov Jateng

pembalap-solo-dan-boyolali-tetap-jaga-fokus-ke-porprov-jateng
PACU SEPEDA: Pembalap Solo Andriyan Hidayat dan Shindu Ardiyanto memacu sepedanya dalam latihan di velodrome Manahan, sebelum ditutup karena pandemi Covid-19.(sms.com/wy)

*Asah Endurance Selama Tak Ada Lomba

SOLO,suaramerdekasolo.com. Para pembalap Solo dan Boyolali tetap berlatih selama pandemi Covid-19. Jalur jalan raya menjadi arena mereka mengasah diri, meski sepanjang 2020 hingga kini, tidak ada lomba resmi sebagai ajang berkompetisi.

‘’Meningkatkan endurance, daya tahan fisik, terutama merupakan materi latihan kami selama pandemi. Selain jalur-jalur tanjakan, kami juga berlatih pada rute panjang,’’ kata pembalap Solo, Andrian Hidayat, Senin (25/1).

Pembalap 22 tahun yang akrab disapa Dayat itu menambahkan, latihan tidak selalu dilaksanakan secara bersama-sama. Terkadang dirinya berlatih bersama atlet Boyolali, Jeffry Irawan, yang merupakan seniornya saat dulu berada di Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar (PPLOP) Balap Sepeda Jateng.

Kadang-kadang dia latihan bersama sesama pembalap Solo, Shindu Ardiyanto dan atlet putri Annisa Destein Cindy Qiawati. Pekan lalu, mereka bersama-sama mengasah diri menempuh rute panjang, lebih dari 200 kilometer. Yakni start dari Solo-Klaten-Cawas-Wonosari-Bantul-Yogyakarta-kembali ke Solo.

Jaga Motivasi

Rencananya, dua-tiga hari ke depan, Dayat bersama Jeffry yang saat ini merupakan awak klub KGB Jakarta, akan berlatih di Yogyakarta dan sekitarnya. Shindu juga bakal turut meningkatkan performa dirinya di Kota Gudeg.

‘’Ada sejumlah klub balap sepeda yang berlatih di Yogyakarta, maka saya kadang-kadang berlatih di sana agar motivasi tetap terjaga,’’ tutur Shindu.

Kabid Pembinaan Prestasi (Binpres) Pengkot Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) Surakarta Agus Sadiyanto menjelaskan, para pembalap Solo belum memasuki masa pemusatan latihan. Lebih-lebih saat ini masih dalam masa pandemi Covid-19. Kendati demikian, dirinya terus memantau latihan seluruh atlet tersebut, agar tetap fokus pada persiapan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jateng 2022.

‘’Pra-Porprov juga belum dipastikan waktunya, tapi informasi yang beredar akan digelar November mendatang. Maka sambil mencermati perkembangan Covid-19, saya minta seluruh atlet agar tidak lengah dalam menyiapkan diri menghadapi Pra-Porprov,’’ tandasnya.(wy)

Editor: Sarmun