Asah Strategi dan Kerja Sama Awak Tim Voli Pelajar, Menuju Pertarungan Solo Raya

asah-strategi-dan-kerja-sama-awak-tim-voli-pelajar-menuju-pertarungan-solo-raya
SPIKE: Seorang awak tim pelajar voli putri Solo melepas spike dibayangi tim seniornya pada games di GOR Voli kawasan Sumber, Banjarsari.(sms.com/wy)

SOLO,suaramerdekasolo.com. Performa para pebola voli pelajar Solo kini terus berusaha ditingkatkan. Strategi permainan tim putra dan putri yang diproyeksikan menghadapi Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) Jateng itu terus diasah. Skuad putra diracik pelatih Chairul Pramanto, sementara tim putri dibesut pelatih Marwoto.

Sementara jalinan kerja sama awak skuad berusia maksimal kelahiran 2003 tersebut pun kian diintensifkan. Problem kesalahpahaman antarpemain dalam tugas-tugas seperti mengamankan, menjangkau, mengatur dan menggebuk bola, dieliminir. Sebaliknya, variasi-variasi untuk mematikan permainan lawan semakin ditingkatkan.

‘’Fokus utama tim saat ini memang pada strategi permainan dan mengoptimalkan kerja sama antarpemain, sebelum Pra-Popda yang rencananya digelar di Sukoharjo akhir Februari nanti,’’ kata pelatih tim voli pelajar putri, Marwoto, Minggu (7/2).

Penerapan idealnya materi tersebut melalui rangkaian pertandingan uji coba dan simulasi. Baik simulai memanfaatkan games internal antarteman, maupun partai-partai sparring partner.

‘’Mestinya memperbanyak try in dan try out. Namun itu tak memungkinkan, karena situasi pandemi Covid-19 membatasi langkah tim untuk sering beruji coba,’’ tutur Marwoto.

Ditunda

Guna menyiasati kondisi tersebut, tim pelajar putri sering diuji tim seniornya dalam duel sparring di GOR Voli kawasan Sumber, Banjarsari. Selain jam terbang, awak tim gabungan pelajar SMP dan SMA tersebut juga mendapatkan banyak ilmu dari tim senior yang berawak rancangan skuad Solo untuk Porprov Jateng 2022.

‘’Kalau mencari lawan latih tanding dari luar Solo, kerepotan. Sebab, jumlah atlet yang berlatih di GOR saja, saat ini dibatasi karena Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM-red),’’ jelas Marwoto.

Voli pelajar semula dijadwalkan bertanding pada Pra-Popda lingkup eks Karesidenan Surakarta di Sukoharjo, 22-25 Pebruari nanti. Namun berdasarkan rapat dinas kota/kabupaten yang membidangi Popda di Solo Raya, jadwal prakualifikasi itu ditunda menjadi 17-19 Maret 2021.

‘’Dari delapan cabang olahraga, termasuk voli, yang melewati Pra-Popda, ada tiga cabang lain yang akhirnya melalui virtual yakni pencak silat, karate dan taekwondo,’’ ungkap Kabid Olahraga Dispora Surakarta, Maretha Dinas Cahyono.(wy)

Editor: Sarmun