Sembilan Cabang Olahraga Popda Jateng akan Digelar Virtual

sembilan-cabang-olahraga-popda-jateng-akan-digelar-virtual
LEAD: Pemanjat pelajar Yasmiin Faatin Naafi’ah berusaha menyelesaikan jalur di papan lead pada latihan persiapan menghadapi Popda Jateng di kompleks Stadion Manahan.(sms.com/wy)

*Beladiri Hanya Kompetisikan Nomor Seni

SOLO,suaramerdekasolo.com. Pandemi Covid-19 memaksa Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) Jateng 2021 untuk tidak menggelar kompetisi tatap muka bagi seluruh cabang olahraga. Sembilan dari 28 cabang pada pesta olahraga pelajar tersebut rencananya diselenggarakan secara virtual, April mendatang.

Menurut Kabid Olahraga pada Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Surakarta, Maretha Dinar Cahyono, hal itu termuat pada paparan Disporapar Jateng secara daring, pertengahan Januari lalu. Sembilan cabang tersebut adalah judo, karate, kempo, tarung drajat, taekwondo, pencak silat, wushu, senam dan panahan.

‘’Khusus cabang-cabang beladiri, persaingan virtual hanya pada nomor-nomor seni. Jadi tidak ada kelas tanding,’’ kata Maretha, (Minggu, 7/2).

Ketentuan itu merembet ke rancangan Pra-Popda. Hanya cabang sepak bola, sepak takraw, bola voli, basket dan bola tangan yang melewati kualifikasi di lingkup eks Karesidenan Surakarta. Sedangkan pencak silat, karate dan taekwondo, bakal langsung bersaing di tingkat Jateng karena virtual.

Pra-Popda Diundur

Tidak hanya itu. Berdasarkan rapat virtual antardinas yang mengelola olahraga se-Solo Raya, 12 Januari lalu, jadwal Pra-Popda diundur. ‘’Jadwal Pra-Popda yang semula 22-25 Pebruari, mundur menjadi 17-19 Maret. Karena jadwal awal berbarengan dengan ujian tengah semester (UTS) SMA,’’ ungkap Maretha.

Sementara itu, waktu pelaksanaan Popda Jateng dibagi dalam tiga kelompok. Cabang jugo, karate, angkat besi, tenis meja, voli indoor, renang, sepak takraw, dayung dan panjat tebing dijadwalkan pada 4-7 April.

Kempo, tarung drajat, senam, bulutangkis, sepatu roda, bola tangan, bola basket, tinju dan anggar pada 7-10 April. Selanjutnya taekwondo, pencak silat, wushu, tenis lapangan, pentaque, voli pasir, panahan, gulat, atletik dan sepak bola diagendakan pada 10-13 April.

‘’Popda dipusatkan di Semarang, kecuali cabang yang virtual. Sesuai juknis, pelaksanaannya tanpa penonton, jumlah personel dibatasi, protokol kesehatan ketat, peserta dan perangkat pertandingan harus negatif Covid-19 berdasarkan tes rapid antigen,’’ jelas Maretha.(wy)

Editor: Sarmun