Dokter Sekaligus Dosen UNS Terpilih Aklamasi Pimpin Forki Surakarta

dokter-sekaligus-dosen-uns-terpilih-aklamasi-pimpin-forki-surakarta
KEPALKAN TANGAN: Ketua Umum terpilih Pengkot Forki Surakarta periode 2021-2024, dokter Rhyan Darma Saputra (tengah) mengepalkan tangan bersama kalangan pengurus karate usai musorkot di Hotel Harris, Minggu (14/2).(sms.com/wy)

SOLO,suaramerdekasolo.com. Dosen sekaligus dokter RS Moewardi, Rhyan Darma Saputra bakal memimpin Pengkot Federasi Olahraga Karatedo Indonesia (Forki) Surakarta untuk periode 2021-2025. Pria yang lulus dari Fakultas Kedokteran (FK) Unair Surabaya tahun 2006 dan meraih gelar spesialis ortopedi (bedah tulang) dari FK UNS Surakarta pada 2014 itu, terpilih aklamasi dalam musyawarah Forki yang digelar sesuai protokol kesehatan di Hotel Harris, Minggu (14/2).

‘’Saya bertekad memajukan prestasi karate Solo, sesuai amanah. Kita harus bisa beradaptasi dan berinovasi di tengah pandemi Covid-19, demi mencetak atlet nasional dan internasional dari Solo. Maka jangan menyerah pada keadaan ini,’’ kata Rhyan pada pidato pertamanya usai terpilih.

Dosen tumor tulang FK UNS tersebut terpilih secara aklamasi dalam sidang yang dipimpin penasihat Pengkot Forki setempat, Andis Syafrudin. Lima wakil perguruan karate di Solo yakni Inkai, Lemkari, BKC, ASKI dan Gokasi mengikuti musyarah tersebut. Wakil Ketua Umum Bidang Organisasi dan Hukum Pengprov Forki Jateng Adam Prabowo, Kabid Humas dan Media Pengprov Forki Jateng I Nengah Segara Seni, serta Wakil Ketua Bidang Organisasi KONI Surakarta Bambang Tuko Wibobo turut hadir.

Berharap Dukungan

Pria yang lahir di Bondowoso, 39 tahun silam itu menyatakan, tidak akan membedakan dua bidang yang diselaminya. Yakni bidang kesehatan yang menjadi profesinya, serta olahraga karate yang telah diterjuninya selama tiga tahun terakhir. Kedua bidang tersebut justru bakal dia selaraskan untuk memburu raihan prestasi terbaik bagi kancah karate di Kota Bengawan.

‘’Tentu saya tidak bisa sendirian. Saya berharap kerja sama dan dukungan sepenuhnya dari semua pihak guna mewujudkan visi dan misi bersama demi prestasi terbaik karate Solo,’’ ujar suami Lia Wulansari, yang juga pendiri Katana Karete Academy Solo tersebut.

Wakil Ketua Umum II Pengkot Forki periode 2017-2021, Ibnu Salimi mengungkapkan, pada periode-periode sebelumnya posisi ketua umum cabang olahraga beladiri itu dipercayakan kepada ex officio Danrem 074/Warastratama Surakarta. Namun sejak periode ini, pemegang jabatan tertinggi Forki Surakarta dipilih secara langsung dari masyarakat umum.

‘’Sepanjang periode lalu, kami telah menghantar atlet meraih prestasi tingkat provinsi, nasional bahkan internasional. Tabungan yang lumayan serta peralatan latihan juga kami tinggalkan untuk pengembangan Forki mendatang,’’ tambah Bambang Wiryawan, Wakil Ketua Umum I Forki Surakarta periode 2017-2021.(wy)

Editor: Sarmun