Dongkrak Jam Terbang, Tim Yunior Voli Vita Bakal Melawat ke Sidoarjo

dongkrak-jam-terbang-tim-yunior-voli-vita-bakal-melawat-ke-sidoarjo
SPIKE: Seorang awak tim pelajar voli putri Solo melepas spike dibayangi tim seniornya pada games di GOR Voli kawasan Sumber, Banjarsari.(sms.com/wy)

SOLO,suaramerdekasolo.com. Tim yunior putra dan putri klub voli amatir Vita Solo bakal melawat ke Sidoarjo. Mereka bakal berlaga tanding versus tim tuan rumah, Akademi Voli Be-Vate di lapangan tertutup Gedung Tizza Sport Center, Minggu (21/2) mendatang.

‘’Pertandingan uji coba itu guna mendongkrak jam terbang anak-anak yunior, termasuk di dalamnya para atlet pelajar. Sebab, selama ini mereka sangat kurang pengalaman bertandingnya,’’ kata pelatih tim yunior putri Vita Solo, Marwoto, Kamis (18/2).

Para pebola voli muda Kota Bengawan tersebut disiapkan untuk berbagai event. Jika situasi normal, agenda yang biasanya dihadapi yakni kejurnas senior voli dan sebagian masuk sebagai awak tim kejurda voli Jateng. Selain itu, beberapa juga disiapkan untuk membela tim Surakarta pada Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) Jateng 2021.

‘’Situasi pandemi Covid-19 membuat pengalaman bertanding mereka kurang. Sebab tidak ada kejuaraan resmi yang diselenggarakan sepanjang 2020. Padahal sebagai atlet, pengalaman bertarung sangat dibutuhkan,’’ ujar dia.

Tarkam

Pensiunan pegawai Pertamina tersebut menambahkan, kendati tanpa kejuaraan resmi, para pemain muda itu telah beberapa kali mengikuti turnamen antarkampung (tarkam) yang dimanfaatkan sebagai arena latih tanding. Mereka berlatih dan beruji coba dengan menerapkan protokol kesehatan ketat.

Namun saat diterapkan peraturan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berkait upaya memutus penularan Covid-19, latihan dan agenda-agenda latih tanding mereka, terhenti. Mereka untuk sementara diminta menjalankan latihan mandiri di rumah.

‘’Awal Januari lalu, anak-anak juga diliburkan dari latihan rutin yang biasa dilaksanakan di GOR voli kawasan Sumber, Banjarsari. Tentu kami harus tetap mematuhi aturan pemerintah,’’ jelas Marwoto.

Saat ini, kemampuan fisik dan teknik para pebola voli remaja tersebut terus ditingkatkan. Strategi permainan, baik variasi penyerangan dan pengetatan pertahanan selalu diasah, demi menambah kemampuan mereka.(wy)

Editor: Sarmun