Siasati Gangguan Hujan, Panjat Tebing Solo Majukan Jadwal Latihan

Siasati-gangguan-hujan-panjat-tebing-solo-majukan-latihan
ASAH KEMAMPUAN: Sejumlah pemanjat remaja mengasah kemampuannya pada papan boulder di kompleks Stadion Manahan Solo.(sms.com/wy)

SOLO,suaramerdekasolo.com. Adaptasi terhadap cuaca dilakukan para pengurus dan pelatih panjat tebing Solo terhadap aktivitas latihan para pemanjatnya. Selama sebulan terakhir, mereka tidak lagi menerapkan latihan rutin pada sore hari.

‘’Sejak awal Februari, jadwal latihan anak-anak kami majukan mulai pukul 13.00. Sebab kalau sore hari sering diganggu hujan. Padahal, kami tidak memiliki fasilitas papan panjat indoor,’’ kata Ketua Klub Solo Adventum, Teddy Saba, Jumat (26/2).

Klub yang bernaung di bawah Pengkot Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Surakarta tersebut, saat ini menempa puluhan pemanjat pemula di arena Solo Sport Climbing Center kompleks Stadion Manahan. Sebagian di antara mereka merupakan anak-anak berusia remaja yang bersekolah di SMA dan setingkatnya. Tapi tak sedikit yang masih berstudi di bangku SD dan SMP.

‘’Karena sekolah mereka daring rata-rata selesai jam 12.00-12.30, maka latihannya bisa mulai sekitar pukul 13.00. Jadi kalau jam 15.00 atau 16.00 hujan, anak-anak bisa dua-tiga jam berlatih,’’ tambah pelatih Sutrisno.

Setiap Hari

Para pemanjat pemula Kota Bengawan di kompleks Manahan biasanya menjalani jadwal latihan secara normal setiap sore, kecuali Minggu pada pagi hari. Sementara setiap Senin, libur. Namun saat awal pandemi, pusat kegiatan olahraga di Solo tersebut disterilkan. Saat itu, sekitar enam bulan para bibit atlet tidak bisa berlatih.

‘’Sekarang, jadwal latihan harian allhamdulillah mulai kembali normal. Namun jam pelaksanaannya dimajukan guna menghindari hujan. Kalau tetap sore, ya seperti Januari lalu. Banyak jadwal yang tak bisa dilaksanakan karena hujan,’’ jelas Teddy.

Latihan peningkatan kemampuan diterapkan secara merata. Namun untuk beberapa anak SMP dan SMA, porsi dan materinya ditambah. Sebab mereka disiapkan untuk menghadapi persaingan pada Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) Jateng yang rencananya diselenggarakan April mendatang. Selain Popda, belum ada agenda lomba lainnya selama masa pandemi Covid-19.(wy)

Editor: Sarmun