Usai Menang Uji Coba Lawatan di Sidoarjo, Tim Pelajar Vita Kembali Berlatih Intensif

usai-menang-uji-coba-lawatan-di-sidoarjo-tim-pelajar-vita-kembali-berlatih-intensif
JELANG UJI COBA: Pelatih dan awak tim voli remaja putri Vita Solo dan Be-Vate Sidoarjo berpose jelang berlaga uji coba di Sidoarjo, awal pekan lalu.(sms.com/wy)

SOLO,suaramerdekasolo.com. Tim pemula dan yunior putra dan putri klub amatir voli Vita Solo kembali berlatih intensif, seusai memenangi laga uji coba lawatan di Sidoarjo, awal pekan lalu. Latihan para pebola voli remaja putri yang sebagian besar disiapkan untuk menghadapi Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) Jateng, dilakukan di GOR voli kawasan Sumber, Banjarsari.

‘’Anak-anak mendapat pelajaran positif saat beruji coba melawan tim Be-Vate Sidoarjo, 23 Februari lalu. Meski bertarung di kandang lawan, tapi mereka main lepas dan percaya diri. Ini modal penting bagi mereka untuk menghadapi laga mendatang, terdekat Popda Jateng 2021,’’ kata pelatih tim putri yunior Vita Solo, Marwoto, Senin (1/3).

Pensiunan pegawai Pertamina tersebut mengungkapkan, selama ini jam terbang anak-anak asuhnya yang rata-rata masih berusia sekolah SMP dan SMA itu, kurang memiliki pengalaman bertanding. Lebih-lebih selama pandemi Covid-19, tidak ada pertandingan atau turnamen resmi yang digelar.

Kemajuan

Viviola Agustina dkk sempat beberapa kali mengikuti turnamen antarkampung (tarkam), sebelum akhirnya kegiatan itu dihentikan. Selanjutnya, para pebola voli pelajar putri Kota Bengawan tersebut juga menjalani games internal melawan tim senior Vita, serta pernah berlatih tanding melawan tim Popda Sukoharjo.

‘’Saat bertandang ke Sidoarjo, anak-anak menjalankan instruksi main tanpa beban dan menerapkan materi latihan, hingga bisa menang telak 4-1 atas tim tuan rumah. Banyak kemajuan tim ini,’’ ujar Marwoto.

Meski demikian, lanjut dia, permainan para atlet pelajar tersebut belum stabil. Dalam latihan yang dipimpin Marwoto dan sering dibantu asisten Benjo, pemain-pemain remaja itu juga terkadang bermain biasa-biasa saja. Demikian pula saat bertanding persahabatan.

‘’Namun jika semangat mereka sedang mengapung dan bisa mengeluarkan potensinya, permainan anak-anak luar biasa. Maka mereka harus terus diasah dan ditambah jam terbangnya,’’ tutur sang pelatih.(wy)

Editor: Sarmun