Jalani Latihan Bebas di Dubai, Petembak NPCI Kejar Slot Paralympic

jalani-latihan-bebas-di-dubai-petembak-npci-kejar-slot-paralympic
INSTRUKSI: Petembak Ratmini menyimak instruksi pelatih Saridi pada training camp (TC) pelatnas National Paralympic Committee Indonesia (NPCI) di Solo, beberapa waktu lalu.(sm/wy)

SOLO, suaramerdekasolo.com. Sesi latihan bebas bakal dijalani empat petembak pelatnas National Paralympic Committee Indonesia (NPCI) di Dubai, Rabu (17/3). Sehari berikutnya hingga 24 Maret nanti, Bolo Triyanto, Hanik Pujiastuti, Ratmini dan Ahmad Ridwan memulai perburuan gelar, sekaligus slot menuju Paralympic Games 2021 yang rencananya diselenggarakan di Tokyo, Jepang.

‘’Saya dan teman-teman atlet dalam kondisi fit menjelang latihan bebas dalam rangkaian Kejuaraan Internasional Menembak Al Ain di Dubai. Sekarang kami istirahat agar konsentrasi tidak terganggu,’’ kata Bolo Triyanto melalui pesan whatsapp, Selasa (16/3).

Bolo yang akan turun di nomor 100 meter air rifle prone klasifikasi disabilitas SH2 (SH2 R5/prone) dan Hanik Pujiastuti (SH2 R2/standing), telah mengantongi tiket Paralympic Tokyo. Keduanya bertekad menembus babak final di Dubai tersebut.

Bolo juga bakal memburu tambahan tiket untuk nomor standing. Dalam training camp (TC) pelatnas di Solo, atlet Sragen itu mencapai skor 628,5 poin, sementara minimum qualification score (MQS) standing di kelasnya 618 poin.

Tantangan

Sementara itu, dua atlet lain yakni Ratmini (SH2 R4/standing) dan Ahmad Ridwan (SH1 P1/air pistol) masih berjuang untuk menembus MQS di ajang Al Ain. Jika mampu melampaui MQS, maka keduanya berpeluang besar melaju menuju pesta olahraga disabilitas terbesar sejagat di Tokyo, 25 Agustus -3 September mendatang.

‘’Memantapkan mental untuk menghadapi lomba menjadi salah satu tantangan saya. Sebab, situasi dalam kejuaraan tentu sangat berbeda dengan kondisi saat latihan,’’ tutur Ratmini.

Menurutnya, kondisi para atletnya siap untuk beradu kejituan bidikan dalam kejuaraan Al Ain yang merupakan rangkaian kualifikasi menuju Paralympic Games 2021. Sejak awal, para atlet ditekankan agar menerapkan segala hal seperti saat TC di Kota Bengawan.(wy)

Editor: Sarmun